Monday, May 23, 2011

Inilah Salah Satu Trek Arung Jeram Terbaik Di Dunia

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Sungai Asahan merupakan sungai besar yang ada di Provinsi Sumatra Utara. Sungai ini memiliki hulu di Danau Toba, mengalir melalui pintu Bendungan Sigura-gura menyusuri daerah hilir. Air Sungai Asahan mengalir melewati beberapa wilayah di Kabupaten Asahan dan bermuara di Teluk Nibung, Selat Malaka. Topografi alam yang terdapat di sepanjang sungai ini terkenal berliku, bergelombang, curam, dan diapit oleh tebing-tebing terjal. Sedangkan air sungai yang mengalir rata-rata kondisinya deras, berombak tinggi, serta dengan debit air yang tinggi. Debit air yang mengalir di sungai ini mencapai 120 meter kubik per detik dengan kedalaman rata-rata sekitar 5 meter. Arus yang deras, medan berbahaya, dan jeram-jeram ekstrim menjadikan sungai ini sebagai salah satu tempat favorit untuk melakukan kegiatan olahraga arung jeram.


Sebagai lokasi olahraga arung jeram, Sungai Asahan oleh pecinta olahraga arung jeram internasional dikategorikan sebagai sungai terbaik ke 3 di dunia setelah Sungai Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat. Hal tersebut tidak lepas dari tingkat kesulitan sungai ini yang berada pada grade (kesulitan) antara 45+. Dengan tingkat kesulitan seperti ini, biasanya hanya sedikit orang yang mampu mengarungi sungai tersebut. Para atlit yang akan terjun mengarungi sungai harus betul-betul profesional, lincah dalam mengendalikan perahu, serta memiliki pengalaman lebih. Selain tingkat kesulitan yang ekstrim dan berbahaya, sungai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang alami.

Sebelum menjajal arus Sungai Asahan dengan medan-medan yang menantang tersebut, biasanya para pelancong diberikan pengarahan oleh instruktur tentang penyelamatan diri ketika terjadi kecelakaan. Ini dilakukan, agar mereka yang akan mengarungi sungai dengan perahu jeram bisa selamat ketika perahu terbalik dan dihempas oleh derasnya arus sungai.

Jika wisatawan datang dari luar daerah dan ingin menginap, dapat menyewa kamar di rumah-rumah penduduk yang biasanya sering disewakan jika ada yang membutuhkan. Sementara untuk memenuhi kebutuhan logistik, disarankan kepada wisatawan untuk mempersiapkan sendiri sebelum berangkat ke daerah Sungai Asahan.

Temukan info lebih lengkap arung jeram

noreply@blogger.com (janggut panjang) 23 May, 2011


--
Source: http://domba-bunting.blogspot.com/2011/05/inilah-salah-satu-trek-arung-jeram.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment