Friday, April 29, 2011

Buat Rancangan Rumah Yang Hemat Energi

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Belajar Arsitektur - Desain penting pada rumah yang hemat energi adalah pemanfaatan sinar matahari untuk pencahayaan pada rumah anda saat pagi siang dan sore hari berikut ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam desain arsitektur rumah hemat energi:

* Pohon di sekitar rumah

Menanam pepohonan di sekitar rumah dapat menurunkan suhu bangunan rumah di siang hari.

* Bentuk denah

Denah rumah yang langsing atau memanjang lebih mudah menjamin terjadinya aliran udara jika kita membuat bukaan silang. Selain itu rancangan tersebut juga mempermudah pencahayaan alami.

* Bentuk atap

Loteng/ruang bawah atap dapat mengisolasi panas, sehingga panas tetap tertahan di atas dan tidak menyebar ke dalam ruangan. Suhu ruangan di bawah plafon akan tetap nyaman.

* Tinggi bangunan rumah

Tinggi standar bangunan berlantai 1 adalah 2,5-3 meter. Bangunan yang terlalu pendek akan lebih pengap pada saat cuaca panas terik. Makin tinggi atap, makin sejuk. Ini bisa kita buktikan pada beberapa bangunan tradisional Indonesia. Namun bangunan rumah tetap harus didesain dengan baik dengan skala yang proporsional.

* Ventilasi

Ventilasi yang cukup dan dengan posisi tepat akan memperlancar sirkulasi udara dalam ruang agar tidak pengap dan lembab. Gunakanlah ventilasi silang, yaitu membuat ventilasi di sisi ruang yang berseberangan agar udara mudah mengalir.

* Warna atap

Bangunan rumah dengan atap terang akan lebih sejuk daripada bangunan yang atapnya berwarna gelap.

* Perancangan peletakan lampu

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah merancang peletakan lampu dengan pertimbangan optimalisasi. Misalnya, usahakan menaruh satu lampu di tengah ruangan agar cahayanya bisa menerangi seluas-luasnya ruang dan tidak perlu memasang banyak lampu sekaligus.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda.

Ingin Pasang Iklan ? coba klik disini: pasang iklan, iklan gratis, iklan baris

noreply@blogger.com (janggut panjang) 29 Apr, 2011


--
Source: http://domba-bunting.blogspot.com/2011/04/buat-rancangan-rumah-yang-hemat-energi.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment